Monday 20 November 2017

Hal Penting Yang Harus Diketahuin Saat Mengganti Popok Balita


Menjaga kesehatan bayi merupakan salah satu hal yang sangat penting, terlebih lagi bagi bayi yang baru lahir. Sistem kekebalan tubuh bayi berbeda dengan anak-anak ataupun orang dewasa. Dalam hal ini sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya bisa berfungsi dengan baik sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit.

Salah satu bagian tubuh bayi yang rentan terkena penyakit yaitu pada bagian kulit. Hal ini karena kulit bayi masih sangat tipis sehingga mudah terkena iritasi. Kebersihan kulit bayi harus senantiasa dijaga supaya tidak mudah lembab ataupun kering. Kondisi kulit bayi yang basah akan menyebabkan iritasi, bahkan pada kondisi yang parah akan menimbulkan infeksi. Bagian tubuh yang mudah terkena iritasi yaitu lipatan kulit disekitar selangkangan bayi yang tertutup oleh popok.

Ketika bayi berusia sekitar 24 bulan, biasanya bayi telah memiliki kemampuan fisik dan bahasa yang dibutuhkan untuk berlatih ke kamar kecil. Namun meski demikian, popok masih saja menjadi kebutuhan pokok yang tidak terpisahkan bagi kebanyakan bayi dengan usia 2 tahun ke atas.

Popok bayi yang basah dan kotor bisa menimbulkan masalah kulit apabila tidak segera diganti. Kondisi popok yang basah akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab iritasi. Maka dari itu sangat disarankan untuk segera mengganti popok bayi yang basah. Mengganti popok membutuhkan perhatian khusus dan harus dilakukan dengan cara yang benar. Selain itu, ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam mengganti popok bayi.

Beberapa Hal penting Yang Harus Diketahui Saat Mengganti Popok Balita
1. Pilihlah Lokasi Penggantian Popok yang Benar
Seorang balita yang berganti popok dimeja kecil tempat biasa ia mengganti popoknya dulu, mungkin akan sering menggeliat, ketika banyak pergerakan dari si balita, maka beban pada meja yang ia tumpangi akan semakin besar yang membuat meja yang ia tumpangi menjadi tidak sepadan dengan resiko jatuhnya. Untuk itulah, lebih baik ganti dengan alas di lantai. Selain itu, menggantinya dilantai akan mempermudah anda. Namun sebaiknya, pilihlah lokasi penggantian popok yang pantas, anda mungkin sudah terbiasa dengan popok yang sudah penuh, sampai-sampai melupakan jika tak semua orang disekitar anda sama terbiasanya dengan anda.
2. Perhatikan Ukuran Popok Berubah dengan Cepat
Sebelum anda memutuskan untuk membeli persediaan popok yang super banyak, ada baiknya pastikan terlebih dahulu jika anda mendapatkan ukuran popok yang sesuai dengan ukuran balita anda. Anak-anak tumbuh dalam tingkatan yang tidak sama dimana penilaian berdasarkan berat tubuh akan lebih sesuai dibandingkan dengan usia dalam menentukan ukuran popok. Untuk itu, ada baiknya simpan dan ketahui berat bobot bayi sebelum memutuskan memborong popok bayi. Jika anda belum yakin dengan berat tubuh bayi anda, ada baiknya lakukan penimbangan dirumah. Apabila bayi belum bisa berdiri tegak diatas timbangan, timbang berat badan anda dan bandingkan dengan berat badan ketika menggendongnya
3. Segera Atasi Jika Timbul Ruam
Jika balita yang mengenakan popok kemudian timbul ruam merah akibat iritasi, perlakukan hal yang sama seperti saat ia masih kecil. Segera oleskan dengan salep anti ruam. Selain itu, amati pula pertanda kemungkinan infeksi seperti demam, bisul, ruam yang menyebar keluar popok. Jika anda menemukan salah satunya, ada baiknya segera tanyakan obatnya ke dokter.
4. Jangan Abaikan Popok yang Kotor
Saat popok basah tak mengganggu anak, biasanya orang tua cenderug akan membiarkannya lebih lama. Apalagi komponen gel penyerap yang ada pada popok dapat menjaga cairan agar tidak merembes ke bagian bawah bayi. Hal ini malah membuat kita semakin keenakan membiarkan anak yang tidak mengeluh dengan popok basahnya. Namun hal ini, sebenarnya keliru, popok yang basah masih tetap bisa menyebabkan ruam muncul pada bayi. Untuk itulah, sebaiknya jangan abaikan popok yang basah, meskipun anak tak merasa terganggu karenanya.

Itulah dia 4 hal yang penting yang harus diperhatikan ketika mengganti popok balita. Mengganti popok kerap kali menjadi kegiatan yang kurang disenangi bayi. Membuatnya menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikan untuk bayi adalah strategi yang harus anda lakukan. Ajaklah bayi berbicara dan mengobrol selama penggantian popok berlangsung agar ia menjadi lebih tertarik atau berikan ia mainan yang disukainya agar ia menjadi diam dan asyik dengan apa yang ia pegang.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Mengajari Sisulung Menyayangi Adik Bayi

Kehadiran adik bayi pastinya bisa menambah keceriaan di keluarga. Namun, sepertinya hal itu belum tentu berlaku bagi si kakaknya. Si Kak...